Jumat, 10 April 2015

Definisi Kepribadian

Beberapa pakar kepribadian membuat definisi sendiri - sendiri sesuai dengan paradigmayang mereka yakini dan fokus analisi dari teori yang dikembangkan
  1. Kepribadian : nilai sebagai stimulus sosial , kemampuan menampilkan diri secara mengesankan.(Hilgard & Marquis)
  2. Kepribadian : kehidupan seseorang secara keseluruhan , individual , unik , usaha mencapai tujuan , kemampuannya bertahan dan membuka diri , kemampuan memperoleh pengalama. (Stern)
  3. Kepribadian : organisasi dinamik dalam sistem psikofisiologik seseorang yang menentukan model penyesuaiannya yang unik dengan lingkungannya.(Allport)
  4. Kepribadian : pola trait -trait yang unik dari seseorang. (Guilford)
  5. Kepribadian :seluruh karakteristik seseorang atau sifat umum banyak orang yang mengakibatkan pola yang menetap dalam merespon suatu situasi. (Pervin)
  6. Kepribadian : seperangkat karakteristik dan kecenderungan yang stabil , yang menentukan keumuman dan perbedaan tingkah laku psikologi (berfikir , merasa , dan gerakan) dari seseorang dalam waktu yang panjang dan tidak dapat difahami secara sederhana sebagai hasil dari tekanan sosial dan tekanan biologik saat itu. (Maddy atau Burt)
  7. Kepribadian : suatu lembaga yang mengatur organ tubuh , yang sejak lahir sampai mati tidak pernah berhenti terlibat dalam pengubahan kegiatan fungsional. (Murray)
  8. Kepribadian : pola khas dari fikiran , perasaan , dan tingkah laku yang membedakan orang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi. (Phares)



ALWISOL (PSIKOLOGI PERKEMBANGAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar